News

Moda Transportasi Yang Digunakan Oleh Jasa Eskpedisi

Saat ingin mengirimkan barang, terutama mengirimkan barang ke tempat yang cukup jauh dan menyeberangi pulau, Anda tidak mungkin melakukannya seorang diri. Karena itu, Anda membutuhkan bantuan dari jasa ekspedisi. Ada banyak ekspedisi yang dapat Anda gunakan, tetapi satu hal yang harus diingat, pilihlah jasa ekspedisi murah yang tepercaya dan profesional.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu ekspedisi, Anda harus mencari dan melakukan survei tentang track record ekspedisi tersebut. Setelah merasa yakin, Anda harus mempelajari ketentuan dan syarat yang berlaku untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang justru akan membuat Anda merasa dirugikan. 

Setiap jasa ekspedisi memiliki 3 moda transportasi yang akan digunakan untuk mengirimkan barang, yaitu moda transportasi darat, moda transportasi laut, dan moda transportasi udara.

  1. Moda Transportasi Darat

Ada 2 jenis moda transportasi darat yang biasa digunakan oleh perusahaan ekspedisi, yaitu kereta api dan truk.

Untuk kereta api, pihak ekspedisi akan menggunakan 2 jenis kereta. Pertama, kereta barang atau kereta parcel yang semua gerbongnya digunakan untuk mengangkut barang-barang. Kedua, kereta ekspres yang sebenarnya adalah kereta penumpang dan gerbong yang digunakan untuk mengangkut barang-barang terletak di bagian belakang.

Semetara untuk truk, banyak pihak ekspedisi yang menggunakannya untuk mengirimkan barang, terutama untuk jarak yang tidak terlalu jauh dan untuk waktu yang bersifat santai. Dibandingkan dengan kereta api, ketepatan waktu pengiriman barang menggunakan truk memang tidak terlalu baik. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti kepadatan jalan, kondisi truk, dan kondisi pengemudi truk.

  • Moda Transportasi Laut

Moda transportasi laut menjadi jasa ekspedisi murah yang menggunakan kapal laut. Jika menggunakan moda transportasi laut, Anda harus bersiap karena waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang akan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi darat dan moda transportasi udara. Tetapi jika Anda ingin mengirimkan barang ke pulau-pulau lain, menggunakan moda transportasi ini menjadi pilihan yang sangat tepat   

  • Moda Transportasi Udara

Moda transportasi udara yang digunakan oleh pihak ekspedisi adalah pesawat terbang. Dibandingkan dengan moda transportasi darat dan laut, moda transportasi udara memang paling mahal. Meskipun demikian, pengiriman barang dengan moda transportasi ini memang jauh lebih cepat dan dapat lebih diandalkan.

Tetapi, ada hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu waktu pengiriman. Hindari mengirimkan barang dengan pesawat terbang saat libur nasional karena biasanya terjadi lonjakan pengiriman (overload). Ini dapat mengakibatkan barang yang Anda kirimkan tidak sampai tujuan tepat waktu.

Itulah beberapa moda transportasi yang digunakan oleh perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan barang-barang. Setiap moda transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua bergantung pada Anda, moda transportasi mana yang akan digunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.