Sewa Truk Jogja

Ingin Pindah Rumah atau Memindahkan Barang Banyak? Sewa Truk Jogja Bisa Jadi Solusi

Apakah Anda ingin pindah rumah? Atau sedang berencana memindahkan barang-barang yang teramat banyak? Namun tidak memiliki transportasi yang memadai untuk melakukannya?

Sekarang, transportasi seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Baik itu untuk bepergian, mempercepat pekerjaan, berencana liburan, atau bahkan memindahkan barang.

Anda bisa menggunakan jasa penyewaan transportasi untuk mempermudah dalam memindahkan barang, ketika akan berpindah rumah atau pindahan yang lainnya

Alternatif yang bisa digunakan adalah jasa sewa truk Jogja. Dengan ini Anda tidak akan kebingungan saat memindahkan barang atau mengangkut dalam jumlah banyak.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Sewa truk Jogja

Jasa sewa truk di Jogja merupakan suatu layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk memindahkan barang dalam jumlah banyak dengan harga yang terjangkau, tapi juga mendapat pelayanan terbaik.

Ketika Anda ingin melakukan pindahan kemudian berniat menyewa jasa sewa truk, tentu harus mempersiapkan beberapa hal agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tidak ada yang terlewat.

Berikut adalah uraian mengenai beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukannya:

1. Lakukan Packaging Barang-barang Anda

Proses packaging atau pengemasan tentunya sangat penting dilakukan sebelum Anda menyewa jasa truk Jogja. Karena tidak mungkin barang-barang tersebut dimasukkan sembarangan ke kendaraan.

Pastikan Anda mengemas semua barang dalam beberapa kategori. Lakukan pengelompokkan, seperti buku, peralatan dapur, atau pakaian, sehingga akan memudahkan ketika mencarinya.

Untuk packaging barang yang mudah rusak seperti vas, piring, dan semacamnya, pastikan membungkusnya dengan benar. Berilah bubble wrap berlapis sehingga tidak akan pecah atau retak.

2. List Barang-Barang yang Akan Dimuat

Setelah melakukan pengemasan barang-barang, jangan lupa untuk menuliskan atau melist semua benda tersebut. Hal ini membantu mengetahui jika terjadi kekurangan ketika tiba di tempat tujuan.

Karena salah satu alternatif jasa cargo Jogjaini juga tidak bisa bertanggung jawab sepenuhnya. jika ada kehilangan yang tidak bisa dibuktikan. Dengan adanya list ini akan membantu Anda.

Pastikan sedetail mungkin saat list barang. Meliputi nama produk, jumlahnya, bahkan jika perlu menuliskan brand atau merknya pula.

3. Double Checking List Barang yang Akan Dimuat atau Dipindahkan

Anda juga harus melakukan double checking pada daftar calon barang-barang termuat di truk sewa. Pastikan sebelum berangkat, benda pada list sama dengan yang akan di bawa, jangan terlewat.

Selain itu, pengecekan yang kedua dilakukan ketika barang sampai di tempat tujuan. Pastikan pihak jasa sewa truk bersedia untuk menunggu dahulu sampai proses checking Anda selesai dan sesuai.

Proses double checking ini akan mencegah terjadi hilangnya atau kerusakan barang dari pihak penyedia jasa layanan. Karena Anda sudah mempunyai listnya dan bisa dipertanggung jawabkan.

2. Persiapan Terpal

Terpal adalah kain mota tebal yang biasanya digunakan untuk alas ketika kemah, kap mobil, bahkan banyak fungsi lainnya. Sifatnya yang tebal dan anti air membawa manfaat yang banyak.

Ketika akan menyewa jasa sewa truk Jogja, pastikan Anda tidak lupa untuk mempersiapkan terpal. Fungsinya tentu sebagai penutup barang-barang saat diangkut kendaraan tersebut.

Hal ini akan membuat barang-barang yang ada di dalam truk terjaga dari panas terik matahari maupun air hujan. Selain itu, juga agar tidak diperhatikan oleh banyak orang ketika membawanya.

4. Persiapkan Budget yang Sesuai, Jika Bisa Lebih

Mempersiapkan budget tentu hal yang tidak boleh terlewat saat akan melakukan pindahan atau menyewa jasa truk Yogyakarta. Pastikan Anda mengetahui benar berapa biaya yang dibutuhkan.

Saat mempersiapkan biaya, pastikan Anda memiliki list apa saja yang kira-kira dibutuhkan. Beberapa di antaranya yaitu harga jasa sewa truknya sendiri, uang untuk asuransi, atau bahkan biaya lainnya.

Saat mempersiapkan budget, Anda juga harus mempersiapkan biaya lebih, karena siapa tahu akan dibutuhkan suatu saat atau keadaan darurat, karena berjaga-jaga itu lebih baik daripada kekurangan.

5. Memilih Jasa Sewa Truk yang Profesional, Terpercaya dan Legal

Pastikan sebelum menyewa, Anda benar-benar sudah mengetahui apakah jasa sewa truk terpercaya dan berkualitas, agar tidak terjadi kekecawaan saat menggunakan jasanya.

Anda bisa mengetahui jasa sewa berkualitas salah satunya adalah dari rekomendasi teman atau testimoni dari pelanggan. Selain itu bisa dilihat pengalaman perusahaan dan tenaga kerjanya.

Jika Anda tidak bisa mengetahui hal di atas, bisa dilakukan dengan bertanya pada penyedia jasa jika terjadi beberapa kemungkinan yang tidak diinginkan, tindakan apa yang mereka lakukan.

6. Mengetahui Kira-Kira Total Berat Barang Muatan

Ketika ingin memindahkan barang menggunakan jasa sewa truk Jogja, pastikan mengetahui kira-kira total berat barang muatan Anda. Hal ini tentunya akan berperan untuk keefektifan pada biaya.

Tentunya Anda tidak perlu untuk menimbang satu persatu barang yang akan dimuat. Tapi cukup tahu perkiraan saja, sehingga jenis truk sewanya bisa menyesuaikan dan barang akan terangkut semua.

Selain itu ini juga bisa berdampak pada biaya. Jika Anda menyewa truk dengan muatan yang sangat besar namun ternyata menyisakan banyak space longgar, tentu jadinya akan boros pada anggaran.

7. Mempersiapkan Jauh-Jauh Hari

Ketika Anda ingin melakukan pindahan dengan barang-barang yang begitu banyak kemudian menyewa jasa sewa truk Jogja, pastikan mempersiapkan jauh hari alias tidak mepet dengan hari-H.

Karena persiapan yang jauh hari akan membuat Anda dengan matang mempersiapkan hal-hal yang perlu dilakukan, seperti packaging barang, sehingga nantinya tidak ada benda kesayangan terlewat.

Selain itu dengan mempersiapkan jauh hari, Anda dapat memperoleh info mengenai jasa persewaan truk di Jogja terpercaya dan berkualitas, sehingga bisa memilih layanan mana yang digunakan.

Spesifikasi Truk Sewa Pada Jasa Layanan

Setelah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, Anda juga harus mengetahui spesifikasi dari truk sewa. Seperti halnya berat maksimal, kapasitas, fungsi dan perawatan, maupun lain sebagainya.

Hal ini akan berguna untuk menyesuaikan dan memaksimalkan dengan barang-barang yang akan diangkut atau dipindahkan. Jangan sampai kapasitas maksimal dari truk tidak mencukupi.

Atau jika kapasitasnya terlalu longgar juga tidak baik, ini akan membuang-buang budget Anda secara percuma. Jadi berikut aadalah beberapa spesifikasi truk sewa yang harus tahu:

1. Spesifikasi Truk Pick Up

Truk pick up di Indonesia memiliki nama lain atau sebutan mobil pick up, bisa pickup bak, box, atau grand max. Untuk jenis yang sering digunakan yaitu carry-pick up, l300, grand max atau blind van.

Dalam jasa penyewaan, seperti ekspedisi Jogja - Jakarta, jenis truk pick up sering digunakan. Meskipun terkecil di antara lainnya, tapi bisa menampung dalam jumlah banyak dan efektif.

Jumlah volume maksimal yang dapat diangkut pick up bisa mencapai 6 CBM dengan berat muatan maksimal 2 ton. Harga sewanya terjangkau, sehingga banyak digunakan ekspedisi murah Jogja.

2. Spesifikasi Truk Cold Diesel Engkel (CDE)

Truk Cold Diesel Engkel ini memiliki 4 jumlah roda seperti pickup dan beberapa macam di antaranya yaitu : CDE Box, Bak, Refer, Los Bak.

Dari jenis-jenis tersebut, rata-rata maksimal bisa mengangkut volume maksimal 6 CBM dan berat muatan mencapai 2 Ton. Namun untuk CDE bax bisa membawa dengan 2 kali lipat dari lainnya.

Truk ini memiliki kapasitas daripada pick up, sehingga bisa jadi alternatif untuk Anda yang memiliki barang-barang terlampau banyak. Selain itu, bisa digunakan sebagai mobilisasi pengangkut sampah.

3. Spesifikasi Truk Fuso

Truk jenis fuso ini memiliki 2 sumbu dan 6 roda. Kapasitasnya sangat besar yaitu bisa mengangkut volume maksimal 25 CBM dan berat mencapai 7 sampai 12 ton.

Beberapa jenis fuso yang biasanya terdapat pada jasa sewa yaitu : FM65FS, FN62FHD dan sebagainya. Merk truk ini yang paling terkenal adalah perusahaan Mitsubishi.

Jika ingin menyewa truk jenis fuso, pastikan Anda benar-benar membutuhkan kapasitas sebanyak itu. Hal ini agar budget yang dikeluarkan tidak banyak terbuang sia-sia.

4. Spesifikasi Truk Tronton

Truk tronton memiliki 10 roda dan 3 sumbu. Konfigurasi dari bannya adalah 2-4-4. Kapasitas dari jenis ini mampu membawa maksimal 30 CBM dengan berat mencapai 15 ton.

Truk ini seringkali jadi alternatif favorit pengiriman barang para pelaku bisnis karena kapasitasnya yang banyak, seperti digunakan untuk ekspedisi Jogja Surabaya atau yang lainnya.

Jenis dari truk ini di antaranya yaitu tronton box, bak, flat deck, car carrier (yang biasanya digunakan untuk mengangkut beberapa mobil atau sepeda motor baru), dan refer.

5. Spesifikasi Truk Trintin

Truk jenis ini hampir sama dengan tronton, seperti jumlah sumbunya, namun bisa mengangkut beban yang lebih banyak yaitu mencapai 20 ton.

Kegunannya pun hampir sama dengan beberapa truk sebelumnya. Jika Anda pelaku usaha industri atau ingin memindahkan barang sangat banyak, jenis ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Meskipun jarang digunakan, tapi truk ini tentunya bisa Anda sewa dengan nilai efektifitas yang tinggi jika memiliki barang banyak. Karena tidak perlu bolak-balik untuk mengangkutnya.

6. Spesifikasi Truk Wingbox

Dinamakan wingbox karena box atau 3 sisinya (kanan, kiri, belakang) dapat terbuka seluruhnya seperti sayap sedang dikepakkan. Tentunya hal ini akan mempermudah untuk memindahkan barang.

Truk jenis ini memiliki beberapa jenis, di antaranya yaitu: wingbox CDE, CDD, yang terakhir tronton. Untuk sumbunya pun ada yang mempunyai 2 dan 3 sumbu.

Kapasitas maksimal dari truk wingbox ini pun bermacam-macam tergantung jenisnya. Namun dapat mengangkut maksimal volume 65 CBM dengan berat mencapai 25 ton untuk jenis tronton.

7. Spesifikasi Truk Trailer

Truk ini merupakan jenis yang memiliki daya angkut sangat kuat. Karena dapat mengangkut berat mencapai 20 hingga 60 ton. Trailer didesain sebagai jasa pengiriman alat atau kendaraan berat.

Truk jenis trailer ini mempunyai beberapa jenis yaitu : short chassis flatbed, Box 20 feet, long chassis flatbed, lowbad, dan combo chassis. Jenisnya paling banyak di antara yang lainnya.

Untuk jumlah sumbunya pun beragam tergantung macamnya, di antara 4-6 sumbu. Rodanya berjumlah sekitar 16 sampai 26 buah.

8. Spesifikasi Truk Container

Truk jenis container ini juga populer digunakan dalam jasa sewa, seperti ekspedisi Jakarta - Yogyakarta murah, dan lain sebagainya. Karena biaya menyewanya pun terjangkau.

Truk container memiliki 3 macam menurut ukurannya, yaitu jenis 20, 40 feet, da high cube. Sedangkan berdasarkan tipenya ada dua, yaitu dry dan reefer.

Berat maksimal yang diangkut pun sangat besar dan beragam berdasarkan tipe nya, mulai dari 16 sampai 25 ton. Sedangkan untuk volumenya bisa mencapai 33-64 CBM.

9. Spesifikasi Truk Colt Diesel Double (CDD)

Jenis truk ini hampir mirip dengan CDE, memiliki jumlah roda ada 6 dan 2 sumbu. Volume maksimal yang dapat diangkut adalah 43 CBM dengan berat muatan mencapai 14 ton tergantung jenisnya.

Truk ini memiliki beberapa macam yaitu colt diesel double bak, Los-bak, car carrier, long box, motor carier-long, Bak-long, Bak air galon, dan box referr.

Perbedaan dari colt diesel double dengan jenis CDE adalah mampu menampung muatan yang lebih banyak, karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD Long.

10. Spesifikasi Truk Trinton

Trinton merupakan jenis uang hampir sama dengan tronton dan trintin, namun memiliki kapasitas lebih banyak yaitu mampu menampung berat sampai lebih dari 30 ton. Truk ini memiliki 4 sumbu.

Selain itu truk ini memiliki 12 roda. Pembagian bannya yaitu meliputi 4 bagian depan, sisanya dibagi pada masing-masing sumbu yang dimiliki.

Hal ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk memindahkan barang atau menampung muatan yang sangat banyak dan berat, sehingga akan efisien waktu.

11. Menghitung Spesifikasi Truk yang Cocok dengan Barang Pribadi

Sangat banyak bukan spesifikasi truk dalam jasa sewa truk Jogja? Namun sebelum Anda memilih mana jenis yang ingin digunakan, pastikan cocok dan efektif dengan barang-barangnya.

Di atas telah disebutkan istilah kubikasi atau jika satuan kubikasinya disebut dengan CBM. Dalam perhitungannya anda harus memperhatikan volume benda terbesar yang akan diangkut.

Misalnya suatu benda memiliki panjang 2 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2 meter. Maka untuk perhitungannya, Anda temukan volumenya (p x l x t dalam satuan cm) lalu dibagi 1.000.000 = 6 CBM.

Jenis Asuransi untuk Persewaan Truk

Asuransi merupakan hal penting yang wajib Anda ambil dan ikut sertakan jika ingin menyewa jasa truk Jogja jarak jauh, seperti ekspedisi Jakarta – Yogyakarta murah.

Tentu untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada barang-barang maupun truk yang disewa. Dengan asuransi, pihak penyedia dapat bertanggung jawab sesuai ketentuan berlaku atau SOPnya.

Ternyata ada berbagai jenis asuransi untuk pengiriman barang via darat, seperti menggunakan truk yang perlu Anda tahu sebelum mengambilnya, berikut adalah uraian setiap macamnya :

 1. Asuransi Tipe ACC-A / Klausa A

Untuk tipe asuransi ACC-A atau klausa A ini memiliki cakupan yang sangat luas dan mengganti rugi barang dengan kerusakan sebagian atau keseluruhan.

Di antara asuransi tipe lainnya, tipe ACC-A atau klausa A ini memiliki cakupan yang paling luas, namun tentunya memiliki harga yang lebih mahal.

Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang berniat melakukan pengiriman barang-barang penting dengan jarak yang cukup jauh, sehingga tidak akan terjadi kerusakan pada benda tersebut.

2. Asuransi Tipe ACC-B / Klausa B

Untuk tipe asuransi ACC-B atau klausa B ini memiliki cakupan yang luas dan mengganti rugi barang dengan kerusakan sebagian atau keseluruhan.

Daripada asuaransi tipe ACC-A, ACC-B atau klausa B ini memiliki cakupan yang lebih terbatas, sehingga tentunya memiliki harga yang lebih murah.

Asuransi ini cocok bagi Anda yang berniat melakukan pengiriman barang-barang penting dengan jarak yang tidak cukup jauh, sehingga tidak akan terjadi kerusakan pada benda tersebut.

3. Asuransi Tipe ACC-C / Klausa C

Untuk tipe asuransi ACC-C atau klausa C ini memiliki cakupan yang terbatas dan mengganti rugi barang dengan kerusakan sebagian atau keseluruhan (All risk).

Di antara asuransi tipe lainnya, tipe ACC-C atau klausa C ini memiliki cakupan yang paling terbatas, sehingga tentunya memiliki harga yang paling murah.

Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang berniat melakukan pengiriman barang-barang penting dengan jarak yang dekat dan menginginkan premi berharga terjangkau.

Sedangkan berdasarkan ganti rugi kerusakannya pada truk tersebut, terdapat dua tipe asuransi yaitu:

1. All risk (Comprehensive)

Pada asuransi jenis All Risk (Comprehensive) ini akan mengganti keseluruhan kerusakan pada truck yang Anda sewa. Baik itu hanya sedikit lecet maupun tergores.

Tentunya jenis asuransi ini akan sangat cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan lebih pada truck yang Anda sewa. Sehingga tidak perlu khawatir ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun asuransi tipe ini juga memiliki harga atau premi lebih mahal, karena akan sebanding dengan pelayanan yang diberikan kepada Anda. Jika menginginkan kualitas terbaik, maka pilihannya tepat.

2. Total Loss Only (TLO)

Pada asuransi jenis Total Loss Only (TLO) ini hanya akan mengganti jika adanya klaim kerusakan parah atau kehilangan pada truk yang Anda sewa.

Memang asuransi ini tidak bisa melindungi truk yang sudah Anda sewa secara sepenuhnya, namun dengan membayarnya, minimal hal-hal parah bisa diatas jika terjadi.

Tentunya asuransi tipe ini memiliki harga yang lebih murah daripada all risk (comprehensive), sehingga sangat tepat bagi Anda yang menginginkan premi terjangkau dan pas dengan kantong.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Truk Sewaan atau Saat Menyewanya

Jasa sewa truk di kawasan Jogja tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memindahkan barang dalam jumlah besar, atau mengangkut keperluas bisnis, perusahaan bahkan industri dengan efisien.

Tapi dari pihak penyedia layanan jasa sewa truk Jogja, juga terdapat berbagai ketentuan yang nantinya harus Anda taati ketika ingin menyewa kendaraan tersebut dari mereka.

Biasanya ketentuan tersebut tercantum dalam surat perjanjian bermaterai. Jadi pastikan Anda benar-benar tahu hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada truk sewaan, berikut adalah uraiannya:

1. Memodifikasi atau Mengubah Suatu Hal dari Truk

Meskipun Anda sudah membayar untuk jasa sewa truk, tapi yang termasuk dalam ongkos bayar adalah penggunaan dalam jangka waktu tertentu dan sudah disepakati.

Hal ini tidak termasuk dengan memodifikasi kendaraan, karena tentunya truk akan digunakan kembali oleh orang lain dan akan sangat merepotkan jika Anda memodifikasinya.

Memodifikasi juga akan mengubah komposisi atau susunan dalam truk tersebut. Tentunya dari pihak penyedia layanan tidak mau itu terjadi dan bisa meminta bayaran lebih atau bahkan menuntut Anda.

2. Melebihi Batas Muatan Maksimal

Di atas sudah dijabarkan mengenai jenis-jenis truk sewaan beserta volume dan berat muatan maksimal, sehingga jika Anda menyewa bisa disesuaikan dengan barang bawaan.

Jangan hanya karena ingin menghemat anggaran, lalu Anda menyewa truk dengan harga murah. Tentunya hal ini akan membahayak keselamatan pengemudi truk dan barang-barang di dalamnya.

Selain itu, dengan memuat barang yang melebihi muatan, juga rentan ditilang oleh polisi. Tentunya Anda tidak mau perjalanan pengantaran benda tercinta akan terhambat di tengah jalan.

3. Kotor atau Jorok

Ketika Anda melakukan packaging terhadap barang, pastikan melakukannya dengan benar agar tidak rusak atau lepas saat di truk. Apalagi jika berpotensi mengotori truk ketika lepas dari packagingnya.

Selain itu ketika Anda mengembalikan truk sewaan, pastikan sudah mengambil keseluruhan barang, jangan sampai ada yang tersisa. Apalagi sampah-sampah seperti kardus kemasan atau kresek.

Tentunya hal ini akan mengotori truk dan terkesan jorok. Karena bukan berarti dengan menyewa Anda bebas memperlakukan truk seperti apa saja, tentu ada adab atau sopan santun yang diikuti.

4. Mengembalikan Telat dari Jam Perjanjian

Tentu ketika Anda menyewa dari jasa sewa truk Jogja untuk melakukan perjalanan atau pengiriman barang, pasti sudah disepakati jam start penyewaan maupun pengembaliannya.

Pastikan memperhatikan dengan baik dan teliti mengenai hal-hal tersebut. Karena bisa saja tidak berselang lama dari penyewaan Anda terdapat orang lain yang ingin menyewa juga.

Tentu hal yang sangat merepotkan apabila Anda telat mengembalikan dari jam perjanjian. Bahkan dari pihak penyedia bisa saja menerapkan denda untuk tiap keterlambatan pengembalian.

5. Tidak Menggunakan Jasa Asuransi

Ketika menggunakan layanan jasa sewa truk, pastikan Anda juga menggunakan jasa asuransi yang disediakan oleh pihak penyedia layanan atau vendor demi keamanan barang dan truk sewaan.

Karena meskipun semua orang tidak menginginkan kecelakaan, tapi tentu siapa mengetahui hal yang akan terjadi, sehingga sangat dianjurkan untuk berjaga-jaga. Salah satunya dengan asuransi.

Jika Anda menggunakan asuransi, maka kerusakan dari truk sewaan akan ditanggung oleh pihak layanan, bahkan jika ada barang rusak mungkin bisa diganti atau yang lainnya sesuai kesepakatan.

6. Merusak Bagian dari Truk yang Disewa

Selain dilarang memodifikasi, Anda juga tidak boleh merusak bagian atau beberapa hal dari truk yang disewa. Baik itu bagian ban, cat, atau hal lain. Karena di sewa untuk perjalanan, bukan perusakan.

Jika Anda tidak sengaja melakukannya tentu bisa bilang kepada penyedia layanan, pasti mereka akan menawarkan kesepakatan tertentu yang bisa dilakukan untuk mengganti hal tersebut.

Namun jika tidak ingin mengakuinya, tentu akan sangat merepotkan pihak jasa sewa. Karena truk adalah komoditi utama bisnis mereka. Bahkan Anda bisa dituntut karena melakukan hal ini.

7. Tidak mematuhi kesepakatan bersama

Pihak penyedia layanan jasa persewaan truk Jogja tentua memiliki standar ketentuan atau kesepakatan yang harus disetujui bersama dalam surat perjanjian bermaterai dengan klien.

Selain jam start penyewaan dan pengembalian, tentunya ada banyak syarat ketentuan yang harus Anda patuhi, pastikan mengetahui dan menyimaknya dengan teliti dan benar.

Jika tidak, maka akan sangat berbahaya bagi Anda. Karena surat tersebut bermaterai, maka jalur hukum bisa menjadi jalar penyelesaian masalahnya, jika tidak akan ada denda yang dikeluarkan.

8. Tidak Memiliki Surat Kelengkapan yang Dibutuhkan

Biasanya penyedia layanan jasa sewa truk Jogja menyediakan kendaraan bersama supirnya yang sudah handal dan terpercaya, sehingga Anda bisa langsung mengantarkan barang tercinta ke tujuan.

Namun, ada beberapa yang membolehkan Anda menyewa tanpa supir. Jika ini terjadi, pastikan yang menyetir nanti memiliki surat kelengkapan yang dibutuhkan, seperti SIM B1, STNK, dan lain-lain.

Karena jika tidak tentunya akan sangat berbahaya bagi keselamatan kendaraan dan barang bawaan Anda, apalagi biasanya truk digunakan untuk ekspedisi jarak jauh.

Sewa Truk Jogja PT Pilar Utama Transindo

Leave a Reply

Your email address will not be published.