News

SOP Pengiriman Barang Oleh Jasa Ekspedisi

Biasanya jika ingin mengirimkan barang ke tempat yang cukup jauh, Anda akan menggunakan jasa ekspedisi. Jasa ini dapat melayani pengiriman barang dalam dan luar kota, bahkan luar negeri.

Di Indonesia, daftar perusahaan jasa ekspedisi sangatlah banyak yang semuanya ingin memberikan pelayanan secara efisien dan efektif untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen saat mengirimkan barang.

Sebelum mengirimkan barang ke tempat tujuan dengan ekspedisi, Anda akan dikenakan biaya pengiriman. Biaya ini dihitung berdasarkan berat, jenis, dan ukuran barang setelah ditimbang. Setelah itu, barulah barang tersebut dikirimkan ke tempat tujuan.

Setiap ekspedisi memiliki SOP yang berbeda-beda. Ada ekspedisi yang menerapkan SOP sangat mudah dan ada yang sangat rumit. Biasanya, semakin rumit SOP yang harus dijalankan, keamanan barang kiriman Anda akan semakin aman.

Meskipun demikian, ada beberapa SOP standar yang memang diterapkan oleh semua ekspedisi, di antaranya:

  1. Adanya Barang Yang Akan Dikirim

Prosedur standar yang harus ada dalam kinerja ekspedisi adalah barang yang akan dikirimkan. Tanpa barang, kegiatan ekspedisi tidak akan terlaksana.

Meskipun demikian, bukan berarti pihak ekspedisi dapat mengirimkan semua jenis barang. Barang illegal dan terlarang sudah pasti tidak diizinkan untuk dikirimkan ke tempat tujuan karena dapat menimbulkan masalah.

  • Pengemasan Barang Atau Packing

Pengemasan barang atau packing yang rapi dan baik akan menjaga keamanan barang selama proses pengiriman hingga tiba di tempat tujuan. Tetapi tidak semua barang dapat dikemas seperti biasanya. Ada barang-barang yang harus dikemas secara khusus, seperti barang dalam bentuk cairan, barang pecah belah, dan makanan yang mudah busuk.

  • Pengurusan Surat Atau Dokumen Yang Diperlukan

Proses pengiriman barang tidak akan terlaksana jika tidak ada surat atau dokumen yang mendukung. Karena itu, pihak ekspedisi akan mengurus kebutuhan surat atau dokumen yang diperlukan. Kepengurusan ini berhubungan dengan surat administrasi bea cukai atau surat dari pihak-pihak yang terkait dengan pengiriman barang.

  • Moda Transportasi Yang Akan Digunakan

Ada 3 jenis moda transportasi yang biasa digunakan oleh pihak ekspedisi untuk mengirimkan barang, yaitu moda transportasi darat, moda transportasi laut, dan moda transportasi udara.

Sebelum mengirimkan barang dengan suatu ekspedisi, alangkah baiknya jika Anda menanyakan ketersediaan moda, berat dan ukuran maksimal yang dapat diangkut, serta biaya yang harus dibayarkan. Selain itu, Anda juga harus menanyakan estimasi waktu pengiriman barang sehingga dapat dilacak keberadaannya jika terjadi masalah di kemudian hari.

Itulah SOP standar yang diterapkan oleh setiap jasa ekspedisi sebelum mengirimkan barang. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa dari sebuah ekspedisi, ada baiknya jika Anda melihat dan mencari tahu daftar perusahaan jasa ekspedisi terpercaya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diingingkan dan barang yang Anda kirimkan sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.